Back to Blog Home

Cegah Penularan Virus Corona Saat Traveling, Dengan Cara Ini!

Saat kamu berencana melakukan trip/traveling, bukan hanya destinasii selama traveling yang harus kamu pikirkan. Kesehatanmu harus tetap jadi prioritas nomor satu. Jangan sampai momen menyenangkan ini malah terganggu akibat kondisi kamu yang kurang fit. Apalagi, saat ini sedang maraknya virus yang sekarang sedang diwaspadai warga dunia COVID-19 atau Virus Corona. Untuk itu, ada baiknya kamu harus tetap menjaga kesehatanmu agar tidak tertular virus bahkan saat sedang traveling sekalipun.

Untuk menghindari hal itu terjadi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar liburan kamu tetap nyaman & berjalan lancar. Yuk kita simak beberapa tips berikut ini:

1. Vaksinasi

Untitled design - 2020-03-06T164631.202

Memvaksinasi tubuh adalah hal yang sangat penting bagi yang ingin berpergian jauh. Dengan suntik vaksin, tubuh akan kebal terhadap beberapa macam penyakit yang mungkin saja akan ditularkan ketika kamu berkunjung ke suatu negara. Jika kamu kurang memahami mengenai vaksin, kamu bisa konsultasikan dengan dokter. Kamu bisa minta saran dokter, kira-kira vaksin yang seperti apa harus digunakan sebelum berpergian ke suatu tempat. Berbeda tempat, berbeda pula jenis penyakitnya. Jadi, pastikan kamu harus vaksin sebelum traveling ya! Selain penting untuk imun tubuh, hal ini juga membuatmu terhindar dari virus.

2. Biasakan Untuk Selalu Mencuci Tangan

Untitled design - 2020-03-06T164954.343

Cuci tangan merupakan salah satu hal penting yang dapat dengan mudah dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan. Selama traveling, kamu akan bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, entah sudah berapa banyak hal/benda yang kamu sentuh & membuat kuman serta bibit penyakit menempel pada tanganmu. Cuci tangan dapat membunuh & mengurangi kotoran yang hinggap pada tangan. Terutama sebelum kamu makan/minum. 

Penggunaan pembersih tangan antiseptik sebagai alternatif jika tidak menemukan sabun & air juga hal yang dianjurkan. Setidaknya jika tidak memungkinkan untuk cuci tangan, kamu tidak dianjurkan untuk menyentuh daerah wajah. Hal ini bertujuan supaya kuman tidak masuk melalui mata, hidung/mulut.

3. Jangan Lupa Mengkonsumsi Vitamin

Untitled design - 2020-03-06T170221.014

Salah satu cara untuk mencegah sakit saat traveling yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin. Karena, tidak sedikit kegiatan yang akan kamu lakukan saat traveling sehingga kemungkinan kamu untuk terserang berbagai penyakit saat kondisi badan melemah semakin meningkat. Dengan rutin mengonsumsi vitamin, setidaknya daya tahan tubuhmu bisa lebih terjaga.

Vitamin bisa didapatkan dari sumber makanan alami seperti buah & sayur. Tapi jika kamu memiliki masalah kesehatan tertentu/hendak bepergian ke tempat yang minim akses kesehatan/makanan sehat, tidak ada salahnya lho, minta suplemen vitamin ke doktermu sebelum berangkat.

4. Berhati-Hati Dalam Mengkonsumsi Makanan

Untitled design - 2020-03-06T175135.251

Traveling ke berbagai tempat, memberi kesempatan kamu untuk menemukan makanan baru yang menarik hati. Eits! Tunggu dulu. Sebaiknya kamu memilah kembali makanan & minuman apa saja yang boleh & tidak boleh kamu konsumsi. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, bukan berarti kamu harus meninggalkan wisata asyik yang satu ini. Disarankan hanya makan makanan khas daerah tempat kamu berlibur saja, misalnya kamu berlibur ke Yogyakarta, kamu bisa mencoba makan gudegnya. Jangan lupa juga untuk tetap mencukupi minum air putih.

Atau, alternatif lainnya adalah kamu bisa membawa makanan/cemilan sehat sendiri. Tentunya makanan sehat yang cocok dibawa untuk traveling pastinya. Kamu bisa membawa Yoghurt, buah-buahan potong, biskuit/roti gandum. Jika kamu membawa makanan sehat, pastinya tak hanya menghemat budget saja namun ini akan membantu menjaga kesehatanmu selama travelling. 

5. Minum Air Putih Yang Cukup

Untitled design - 2020-03-06T175828.799

Minum air putih yang cukup adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh kamu saat traveling. Faktor perbedaan cuaca & tingkat aktivitas kamu selama traveling juga perlu menjadi pertimbangan banyaknya cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila kamu lebih banyak jalan kaki, bergerak & beraktivitas saat liburan, tingkatkan konsumsi cairan, lebih dari biasanya.

6. Tidur Yang Cukup

Untitled design - 2020-03-06T180003.230

Meskipun sedang seru traveling, penting bagi kamu untuk tetap mematuhi aturan tidur yang baik. Mungkin beberapa situasi bisa bikin jadwal tidur kamu berantakan. Mulai dari jadwal perjalanan yang padat, hotel/tempat penginapan yang kurang nyaman/tidak bisa tidur karena tubuh terlalu lelah. Namun, tetap pastikan kamu mendapat kesempatan tidur yang cukup. Jika tidak, hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatanmu. Kadar waktu tidur setiap orang berbeda-beda, bisa 6 jam, 7, 8, atau bahkan 9 jam. Sesuaikan dengan kebutuhan. Tidur yang cukup akan membuat tubuh kembali bugar saat bangun tidur & akan bersemangat kembali.

7. Jaga Stamina dengan Rutin Berolahraga & Mengkonsumsi Makanan Berbahan Herbal Alami

Untitled design - 2020-03-10T161525.979

Menjaga stamina & kesehatan tubuh, sebaiknya tidak hanya dilakukan pada saat kamu ingin traveling saja, tapi alangkah lebih baik jika itu dijadikan kebiasaan/gaya hidup. Kamu tidak perlu khawatir akan tertular virus, apabila daya tahan tubuhmu terjaga dengan baik. Sehingga, virus corona bukan penghalang bagi kamu untuk melakukan traveling ke negara yang kamu inginkan. Perbanyak minum jamu-jamuan herbal juga dapat membantu meningkatkan daya tubuhmu lho! Rutin mengkonsumsi makanan/minuman yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan alami seperti jahe, juga bisa membuat kamu terhindar dari virus & penyakit lainnya. So, mulai lah untuk hidup sehat, rajin berolahraga & pastikan makanan/minuman yang kamu konsumsi berasal dari bahan-bahan alami & terjaga kebersihannya.

8. Usahakan Memakai Masker Saat Kamu Merasa Tubuh Kurang Fit

Untitled design - 2020-03-12T154431.926

Sebenarnya, penggunaan masker hidung hanya disarankan saat kamu kondisi tubuhmu kurang fit misalnya saat sedang flu/batuk atau bahkan saat sedang terjangkit jenis penyakit lainnya. Fungsi masker adalah mampu mencegah kamu menyebarkan tetesan air liur/cairan hidung ke udara yang mungkin saja mengandung kuman & bisa menularkan orang lain. Sebuah penelitian pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa ketika digunakan dengan benar, maka pemakaian masker sangatlah efektif dalam mencegah penyebaran virus. Menutup mulut & hidung menggunakan tisu/lengan baju saat batuk/bersin & membuang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah, juga merupakan etika & cara yang tepat untuk mengantisipasi penularan virus ke orang-orang sekitar kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat traveling untuk menjaga daya tahan tubuh kamu. Perjalanan yang sehat berarti mengambil tindakan pencegahan yang tepat begitu kamu tiba di tujuan. Ingat, menjaga kesehatan itu penting, bahkan ketika kamu sedang berlibur dengan santai. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? So, priotitaskan kesehatanmu ya!

facebooktwittergoogle_pluspinterest

  • Pilihan Maksimal

    Lebih dari 460 maskapai penerbangan dan 100.000 hotel yang dapat dipilih. Kami memberikan harga terbaik.

  • harga murah

    Tidak ada biaya tambahan. Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak. Kami memberikan penawaran hotel dan tiket pesawat dengan harga paling murah.

  • Pemesanan mudah

    Pemesanan hanya dengan beberapa langkah mudah. Pembayaran cepat.

  • Kepuasan Para Tamu

    Para wisatawan mengapresiasi bagaimana Anda menemukan penawaran terbaik.