Back to Blog Home

Panduan Penduduk Asli untuk Dubai: Hidup Ala Emirati

Ada banyak cara untuk menikmati segala hal di Dubai. Dengan DNA multikultural dan kosmopolitannya, tidak ada yang lebih mengenal Dubai selain penduduknya, yang merupakan pemandu hebat untuk membantu Anda menemukan permata tersembunyi,

melihat langsung budaya lokal, dan membenamkan diri dalam kebiasaan – kebiasaan Emirati, sebutan untuk penduduk lokal. Baca terus untuk mengetahui rekomendasi lokal terbaik tentang hal – hal yang dapat Anda lakukan di Dubai.

 

AKTIVITAS DI DUBAI

Al Fahidi Historical Neighborhood

Al Fahidi Historical Neighborhood. Foto: www.dubai-online.com

 

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan apresiasi terhadap budaya dan adat istiadat Dubai adalah dengan pergi ke Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU). Kunjungi SMCCU untuk hidangan lokal, wisata warisan budaya, atau hanya untuk melihat rumah menara angin yang dipugar dengan indah di Al Fahidi Historical Neighbourhood yang bersejarah. Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan!

The green planet

The green planet. Foto: www.thenational.ae

 

Kaligrafi adalah salah satu bentuk seni tertinggi dunia Arab dan bentuk utama ekspresi visual dan kreativitas Islam. Terletak di jantung Alserkal, Anda dapat menemukan eL Seed studio, rumah bagi komposisi rumit seniman “calligraffiti” dan proyek seni publik yang memadukan kaligrafi Arab tradisional dengan gaya dan warna grafiti. Karya eL Seed dapat ditemukan di ruang publik, galeri, dan institusi publik terkemuka, termasuk proyek seni publik pertamanya di Dubai di Green Planet dan patung yang dapat anda temukan di Dubai Opera yang terkenal.

Sesuai dengan tradisi Timur Tengah, pacar adalah bentuk seni lain yang telah dikembangkan menjadi keterampilan ahli. Sebagai salah satu produk kecantikan pertama yang dikembangkan untuk seni tubuh alami, lukisan pacar terus menjadi perawatan kecantikan yang populer di Dubai saat ini dan memainkan peran penting dalam kehidupan banyak wanita Emirat. Bentuk seni kuno ini telah disempurnakan oleh beberapa seniman pacar di seluruh kota, termasuk Heritage for Henna, dan Rachna Salon, pelopor dalam desain pacar Arab.

 

Cara Jewellers

Cara Jewellers.

 

Untuk suvenir yang ciri khas Dubai, Anda dapat membuat liontin emas khusus dengan nama Anda dalam bahasa Arab. Tempat-tempat seperti Cara Jewellers dan toko-toko lain di Gold Souk atau Gold & Diamond Park di Dubai menawarkan harga terjangkau untuk emas 18 karatdengan perputaran cepat sehingga Anda dapat memiliki perhiasan khusus yang dapat segera anda kenakan. Atau mungkin Anda bersiap untuk melamar kekasih Anda, sehingga dalam hal ini Anda dapat merancang cincin pertunangan yang sempurna.

Di saat Dubai adalah rumah bagi sejumlah besar toko pakaian dan pusat perbelanjaan, mengapa tidak membuat pakaian Anda sendiri? Satwa, salah satu lingkungan kota yang paling beragam, adalah rumah bagi banyak penjahit dan pembuat pakaian Dubai, dengan semua jenis kain: dalam beberapa hari, Anda dapat memiliki gaun atau setelan yang dibuat khusus untuk Anda.

 

Black Palace Beach

Black Palace Beach. Foto: thriftytraveler.com

 

Garis pantai Dubai penuh dengan pantai-pantai yang indah, tetapi Anda tidak akan pernah menemukan pantai serupa. Setiap pantai memiliki keunikan sendiri. Black Palace Beach sempurna bagi mereka yang mencari garis pantai kota yang paling tenang dan rahasia. Hamparan pantai publik yang tertutup ini terletak di antara Dubai Media City dan istana musim panas kerajaan di Al Sufouh, dengan perairan biru jernih yang sempurna untuk bermain air dan paddling, serta memiliki pemandangan matahari terbenam menakjubkan yang juga menampilkan pemandangan Palm Jumeirah.

 

BERSANTAP DI DUBAI

 Deira Waterfront Market

Deira Waterfront Market. Foto: www.constructionweekonline.com

 

Deira Waterfront Market menggantikan Deira Fish Market yang sudah lama berdiri pada tahun 2017, dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk membeli ikan segar di kota. Di sini, Anda dapat membeli tangkapan segar sepanjang hari (dan bahkan tawar-menawar untuk harga terbaik), atau pergi ke salah satu restoran tepi laut dan mendapatinya memasakannya untuk Anda hanya dengan 15 AED atau 57 ribu rupiah.

 Benamkan diri Anda dalam cita rasa dan kisah otentik Dubai dengan Frying Pan Adventures, di beberapa bagian kota yang jarang dikunjungi oleh wisatawan dan ekspatriat. Baik itu trailer makanan berjalan, demo memasak interaktif, atau makanan experiential, Frying Pan Adventures memberikan pengalaman yang intim dan otentik bagi penduduk dan pengunjung Dubai. Penawaran terbaru mereka disebut Dubai Food Tour on Wheels, di mana pengunjung naik bus untuk menikmati empat cicipan makanan ikonik, kisah hidup dan seni jalanan yang semarak di empat lingkungan Old Dubai. Pemandu yang penuh gairah akan memberikan wawasan tentang kebangkitan meteorik Dubai dari kota pesisir kecil, saat Anda menikmati makanan dari komunitas Emirati, Arab, India, dan Iran.

 

 Al Reef Bakery

Al Reef Bakery. Foto: www.timeoutdubai.com

 

Toko roti Lebanon legendaris di Dubai, Al Reef Bakery terkenal karena menyajikan  Manakeesh terbaik di kota (camilan Arab dari roti adonan yang baru dipanggang dengan keju dan isian lainnya). Anda masih bisa mendapatkan satu dengan harga kurang dari 40 ribu rupiah! Cobalah za’atar (Daun Thyme khas Timur Tengah dan pasta berbahan dasar wijen), tomat pedas, bayam, atau keju yang sangat lembut – apa pun yang Anda pilih dibuat tepat di depan mata Anda dalam oven batu bata panas. Apabila Anda berhenti di cabang Al Safa atau Karama, bersiaplah menemukan mobil-mobil berhenti di depan dan memesan sarapan, santap siang atau cemilan laruta malam dari jendela mobil mereka.

 

Filli Tea & Café

Filli Tea & Café.

 

Meskipun Gahwa (kopi Arab) adalah ekspresi tertinggi dari keramahtamahan Emirati, tidak ada yang lebih tren di antara generasi muda selain Karak Chaiyang manis dan milky. Secara tradisional direbus dengan api kecil dan dibuat dengan kombinasi teh hitam, susu, gula dan rempah-rempah India seperticardamon, cengkeh, jahe dan kayu manis untuk cita rasa yang lebih kaya, Karak adalah bintang acara jalan-jalan yang bersifat kasual atau pertemuan dengan keluarga dan teman. Tempat yang tepat untuk mencicipi rebusan minuman Karak adalah di Filli Tea & Café, salah satu waralaba pertama yang merintis konsep kafe Karak chai yang ditanam sendiri di rumah. Namun, penduduk setempat akan menyarankan kafetaria yang lebih kecil di seluruh Satwa dan Bur Dubai, di mana Anda dapat mengambil secangkir chai hanya dengan 1 atau 2 AED.

 

Emirati Cooking Class

Emirati Cooking Class. Foto: whatson.ae

 

Jika makanan segar, tradisional, dan sehat adalah yang Anda cari, maka Seven Sands menyambut pengunjung untuk berpartisipasi langsung dalam Emirati Cooking Class. Pengalaman kuliner lokal yang unik ini berlangsung setiap hari Selasa pagi dari jam 10 pagi sampai jam 12 malam, di mana Anda dapat belajar tentang masakan Emirat lokal dan mencoba memasak dua hidangan terbaik bangsa untuk diri Anda. Anda kemudian dapat menikmati kreasi kuliner Anda sebagai bagian dari santapan tiga hidangan, yang meliputi piring mezzeh tradisional, hidangan utama, dan hidangan penutup Emirati. 

Brunch akhir pekan memiliki tempat khusus di jantung komunitas Dubai dan dengan cepat telah menjadi institusi gastronomi paling terkenal di kota ini. Dengan weekdays dimulai dari Minggu hingga Kamis, hari Jumat adalah waktu bagi beragam komunitas kota untuk berkumpul Bersama untuk merayakan dimulainya akhir pekan. Kota ini menawarkan banyak makanan favorit pada hari Jumat – mulai dari makanan yang lebih intim hingga yang memiliki acara dan kegiatan untuk keluarga. Di saat Jumat biasanya merupakan waktu untuk menikmati brunch di Dubai, tradisi gastronomi juga sering meluas hingga Sabtu. Untuk inspirasi dan penawaran menarik, tepat untuk memeriksa situs web pemenang penghargaan Mr and Mrs Brunch.

 

JELAJAHI DUBAI

Kota ini pertama kali berkembang di sekitar sungai – jantung dari industri ekspor-impor – dan di sinilah Anda dapat menemukan akar Dubai. Di jantung Old Dubai terletak menara angin, dan bangunan batu gips dan karang di Al Fahidi Historical Neighborhood, dipugar dengan susah payah ke kejayaan aslinya menggunakan bahan bangunan tradisional yang otentik. Penggemar fotografi bisa mendapatkan konten Instagram yang sempurna di setiap sudut kawasan tersebut, dihiasi dengan desain Arab di bangunan-bangunan tua. Sejumlah galeri seni memenuhi area yang berisi beragam karya seni, mulai dari kaligrafi hingga seni modern – tetapi jika Anda menginginkan lebih dari sekadar budaya, pergilah ke XVA, galeri seni unik yang juga merupakan hotel butik dan kafe. Jika Anda punya waktu luang, lakukan perjalanan ke Dubai Heritage Village atau singgah di Sheikh Saeed House yang bersejarah, yang merupakan kediaman resmi kakek dari Penguasa Dubai saat ini.

 

 Al Marmoum Camel Racetrack

Al Marmoum Camel Racetrack. Foto: www.timeoutdubai.com

 

Balapan unta adalah hobi yang berasal dari Timur Tengah dan memiliki penggemar termasuknseluruh komunitas lokal yang rajin yang secara teratur melacak unta-unta favorit mereka saat mereka berkompetisi di sepanjang jalur berpasir selama Camel Races di kota. Musim balap berlangsung antara Oktober dan April, dan balapan cenderung berlangsung lebih awal pada hari Jumat dan Sabtu pagi. Ada beberapa trek di sekitar emirat, tetapi yang terbesar di Dubai adalah Al Marmoum Camel Racetrack, rumah dari Dubai Camel Racing Club. Trek tersebut berjarak setengah jam berkendara dari kota, dekat dengan Sevens Stadium. Tempat ini menarik minat pemilik unta dari seluruh UEA, dan bahkan beberapa dari negara-negara tetangga, dan menawarkan hadiah balapan hingga puluhan ribu dirham.

 

 Dubai Creek

Dubai Creek.

 

Banyak hal menakjubkan yang dapat anda dilakukan di Old Dubai - jika Anda ingin mengungkap sepotong sejarah lokal, warisan budaya atau sekadar menikmati beberapa kelezatan tradisional. Sementara kota ini memiliki reputasi sebagai kota metropolitan modern yang berkembang, pasar tradisional Arab di Dubai masih merupakan bagian penting dari kehidupan dan perdagangan sehari-hari, dan berjalan melalui salah satu pasar yang ramai adalah pengalaman esensial. Anda bahkan dapat melakukan perjalanan antara daerah souk dengan Abra, perahu tradisional, melintasi Dubai Creek, cukup dengan membayar tiga ribu rupiah saja untuk tiket.

 

Itulah panduan untuk kamu yang berencana tinggal di Dubai, agar merasakan hidup sebagai Emirati. Trip ke Dubai? Yuk Pesan Tiket Pesawat ke Dubai dan Hotel di Dubai hanya di NusaTrip.com

facebooktwittergoogle_pluspinterest

  • Pilihan Maksimal

    Lebih dari 460 maskapai penerbangan dan 100.000 hotel yang dapat dipilih. Kami memberikan harga terbaik.

  • harga murah

    Tidak ada biaya tambahan. Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak. Kami memberikan penawaran hotel dan tiket pesawat dengan harga paling murah.

  • Pemesanan mudah

    Pemesanan hanya dengan beberapa langkah mudah. Pembayaran cepat.

  • Kepuasan Para Tamu

    Para wisatawan mengapresiasi bagaimana Anda menemukan penawaran terbaik.