Back to Blog Home

Kabar Gembira! Kereta Bandara Soetta Resmi Beroperasi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan kereta Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 2 Januari 2018. Menurut rilis yang dikeluarkan oleh PT Railink, pihaknya telah menyiapkan sepuluh rangkaian Kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33 ribu penumpang setiap harinya.

Setiap rangkaian kereta terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan. Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara, pengisi daya ponsel, toilet terpisah antara pria dan wanita. Selain itu, di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Sumber Foto : kompas.com

Perlu diketahui, rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta. Namun, pada pengoperasian awal, kereta bandara tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai dan Stasiun Duri, sebab masih dalam proses konstruksi. Sehingga para penumpang saat ini dapat berangkat dari Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Batu Ceper.

PT Railink telah siapkan 10 trainset KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Kereta bandara nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang.  Pemberangkatan Stasiun Sudirman Baru-Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 03.21 WIB untuk kereta pertama dan kereta terakhir pukul 22.51 WIB. Sementara jadwal pemberangkatan dengan rute sebaliknya, Bandara Soekarno-Hatta ke Stasiun Sudirman Baru berangkat mulai pukul 04.40 WIB hingga kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

Sumber Foto : Railink

Dalam satu hari, kereta ini akan memiliki frekuensi perjalanan sebanyak 80 kali perjalanan. Waktu penjemputan dilakukan setiap 15 menit dan 30 menit sekali pada jam sibuk. Anda pun dapat mengecek jadwal keberangkatan dengan mengakses www.railink.co.id atau mengikuti akun Twitter @kabandara.

Sebelum Anda membeli tiket kereta bandara, terutama untuk keberangkatan ke Bandara Soekarno-Hatta, sebaiknya perkirakan waktu keberangkatan. Waktu tempuh perjalanan menggunakan kereta bandara ini diperkirakan selama 54 menit dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta. Jadi, sebaiknya Anda perhitungkan betul pukul berapa Anda berangkat dari rumah ke stasiun, kemudian dari Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno-Hatta. Paling tidak Anda berangkat tiga jam sebelum waktu penerbangan. Tujuannya agar tidak terburu-buru untuk check-in keberangkatan pesawat, atau mengantisipasi tertinggal dari penerbangan.

Ada dua cara pembelian tiket kereta bandara, yakni datang langsung ke stasiun dan melalui aplikasi. Keduanya menggunakan sistem cashless atau non-tunai.Jika Anda ingin membeli di stasiun, tiket dapat Anda beli di vending machine yang hanya melayani transaksi non-tunai dengan debit atau kredit.

Anda akan diminta memasukan jadwal keberangkatan dan jumlah tiket yang dibutuhkan. Selain itu juga, penumpang akan diminta memasukkan nama, nomor ponsel, dan alamat e-mail. Akan tetapi untuk pembelian di mesin ini, tak lagi menggunakan alamat email, cukup nomor telepon Anda. Sementara, pembelian melalui aplikasi bisa dilakukan melalui aplikasi Railink di Google Play Store atau di Apple App Store. Penumpang bisa membeli tiket dengan membuka laman //reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

Harga tiket kereta bandara setelah diresmikan Jokowi adalah Rp 70.000 sekali perjalanan. Perlu dicatat, pembelian ditutup 20 menit sebelum jadwal keberangkatan atau jika kapasitas sudah penuh.

Semoga dengan adanya Kereta Bandara ini semakin membanta Traveling dan perjalanan bisnis anda yah !

 

 

 

 

facebooktwitterpinterestlinkedin