Back to Blog Home

5 Etika Saat Berada di Pesawat

Pesawat terbang memang sudah menjadi andalan saat melakukan perjalanan jauh. Bahkan, alat transportasi ini mulai ramai karena banyak maskapai penerbangan yang memberikan promosi besar-besaran. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri.

Namun, tahukah kamu bahwa untuk menjaga kenyamanan penerbangan terdapat pula etika-etika dasar yang tidak tertulis? Simak lima etika penerbangan berikut agar perjalanan udara kamu berlangsung nyaman dan tertib.

1. Jangan Menghambat Antrian

Sebelum kamu memasuki ruang check-in atau boarding room, kamu diwajibkan untuk melewati beberapa pos keamanan. Meskipun beberapa bandara memiliki kebijakan yang berbeda, tetapi dasarnya tetap sama. Sebelum memasuki mesin pemindai, kamu diwajibkan untuk melepaskan jam tangan, handphone, ikat pinggang, dompet, kunci, dan jaket atau sweater kamu.

Bahkan, beberapa bandara mewajibkan kamu untuk mengeluarkan laptop dan tablet dari tas kamu. Tujuan dari peraturan ini hanyalah untuk menjamin keamanan penumpang. Oleh karena itu, sudah sebaiknya Anda melepaskan atribut-atribut tersebut sebelum tiba giliran kamu. kamu dapat memasukkan dompet, jam tangan, handphone, kunci, dan ikat pinggang kamu ke dalam tas.

Dengan demikian waktu antrian akan lebih singkat. Lalu, beranjak ke etika selanjutnya.

2. Kenakan atribut di tempat terpisah

Setelah melewati mesin pemindai, maka kamu dipersilakan untuk mengambil barang bawaan kamu di ujung conveyor belt mesin x-ray. Untuk mencegah penumpukan, sebaiknya pakai atribut-atribut seperti ikat pinggang, jam tangan, atau dompet di tempat terpisah.

3. Jangan berlaku kasar dan arogan pada siapapun, termasuk petugas

Saat kamu menjalani proses pemeriksaan keamanan, ikuti saja semua proses dan arahan dari petugas. Tidak perlu beradu argumen hanya karena sedikit ketidaknyamanan. Apa yang dilakukan oleh para petugas sudah sesuai dengan peraturan. Tujuannya pun untuk keselamatan penerbangan.

4. Gunakan kabin pesawat dengan bijak

Karena banyak penumpang yang akan naik pesawat, kadang mereka akan berebut ruang dalam kabin. Untuk memaksimalkan penyimpanan ruang kabin atas untuk penumpang lainnya, letakkan tasmu secara vertikal. Cukup satu tas saja yang diletakkan di kabin atas, barang lainnya bisa diletakkan di ruang bawah kursi di depanmu.

5. Hargai hak penumpang lain

Ingat, setiap penumpang memiliki haknya masing masing. Penumpang yang duduk dekat jendela berhak atas pemandangan di luar jendela dan satu buah armrest. Penumpang yang duduk di tengah berhak atas dua armrest untuk kedua tangannya.

Penumpang yang duduk di samping lorong berhak atas tambahan legroom, kemudahan akses keluar masuk, dan satu buah armrest. Apabila semua penumpang menyadari haknya masing-masing, maka tidak ada lagi penumpang yang merasa tidak nyaman selama penerbangan.

Jika kamu ingin merebahkan kursimu, mintalah izin pada penumpang dibelakangmu agar kamu tidak mengganggu.

 

Terakhir, untuk kamu yang ingin pesan Tiket Pesawat atau Hotel, kamu bisa langsung kunjungi NusaTrip. Jangan lupa untuk pesan Tiket Pesawat dan Hotel hanya di NusaTrip, kamu juga bisa download aplikasinya di Google Play atau App Store.

facebooktwittergoogle_pluspinterest

  • Pilihan Maksimal

    Lebih dari 460 maskapai penerbangan dan 100.000 hotel yang dapat dipilih. Kami memberikan harga terbaik.

  • harga murah

    Tidak ada biaya tambahan. Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak. Kami memberikan penawaran hotel dan tiket pesawat dengan harga paling murah.

  • Pemesanan mudah

    Pemesanan hanya dengan beberapa langkah mudah. Pembayaran cepat.

  • Kepuasan Para Tamu

    Para wisatawan mengapresiasi bagaimana Anda menemukan penawaran terbaik.