Back to Blog Home

5 Air Terjun Populer di Jawa Timur

Salah satu potensi wisata alam Indonesia yang terkenal di Indonesia adalah air terjun. Begitu banyak air terjun yang cantik di Indonesia, termasuk di Jawa Timur yang populer dengan segudang air terjun yang cantik.

Berikut 5 Air Terjun Populer di Jawa Timur :

1. Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, yang lebih hits sebagai Niagara-nya Jawa Timur, terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Warga dari kedua kabupaten ini sering menyebutnya Grojogan Sewu, Coban Grojogan Sewu, Coban Tumpak Sewu, atau Coban Sewu.

Popularitas Air Terjun Tumpak Sewu sebagai Niagara Jawa Timur bukan tanpa sebab. Lebarnya aliran air terjun ini memang mengingatkan Dolaners pada Niagara Waterfall. Lokasi kedua air terjun ini juga sama-sama di perbatasan. Bedanya, Niagara berada di perbatasan negara, antara Amerika Serikat dan Kanada. Tapi bila ditilik dari debit airnya, memang beda jauh.

2. Madakaripura

Selain dikenal karena menjadi tempat pertapaan Gadjah Mada, Madakaripura juga menyandang predikat sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 200 meter. Tak hanya tertinggi di Pulau Jawa, saat ini Madakaripura juga merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Sementara air terjun tertinggi di Indonesia yang diketahui hingga saat ini adalah Ponot di Sumatera Utara dengan ketinggian sekitar 250 meter. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan sekitar setengah jam dari area parkir kendaraan. Area parkir terdekat hanya bisa dicapai oleh sepeda motor.

3. Coban Pelangi

 

Air Terjun Coban Pelangi adalah sebuah air terjun unik yang dapat mengeluarkan berbagai macam warna bak pelangi. Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana disekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah terjadi adalah 19 derajat celcius. Air terjun Coban Pelangi ini terletak tidak jauh dari gunung Semeru dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Tak heran jika Coban Pelangi sangat populer di kalangan hikers khususnya mereka yang pernah mendaki gunung Semeru.

4. Coban Talun

 

Sebuah wisata air yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang ini bernama Coban Talun. Wisata Coban Talun ini sendiri memiliki ketinggian yang diperkirakan sekitar 75 meter dengan sajian pemandangan yang menawan nan indah di sekitarnya.  Dengan dikelilingi oleh bukit-bukit dan pegunungan yang hijau, tempat ini sangat cocok untuk kunjungi sebagai pelepas penat. Di sini tak hanya melihat pemandangan sekitar, tetapi juga bisa menikmati suara deburan air terjun yang jatuh dengan hiasan pelangi di setiap sudutnya.

5. Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo Malang adalah salah satu air terjun yang berada di area pegunungan yang berada di ketinggian 1.135 meter dpl. Udara yang sangat sejuk dan pemandangan alam yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang datang. Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo. Kuota air yang ditimbulkan mencapai 90 hingga 150 liter per detik.

Trip ke Malang ? Yuk Pesan Tiket Pesawat ke Malang dan Hotel di Malang hanya di NusaTrip.com

facebooktwittergoogle_pluspinterest

  • Pilihan Maksimal

    Lebih dari 460 maskapai penerbangan dan 100.000 hotel yang dapat dipilih. Kami memberikan harga terbaik.

  • harga murah

    Tidak ada biaya tambahan. Harga yang ditampilkan sudah termasuk pajak. Kami memberikan penawaran hotel dan tiket pesawat dengan harga paling murah.

  • Pemesanan mudah

    Pemesanan hanya dengan beberapa langkah mudah. Pembayaran cepat.

  • Kepuasan Para Tamu

    Para wisatawan mengapresiasi bagaimana Anda menemukan penawaran terbaik.